Diskusi, Pidato, dean Ceramah



RESUME PERKULIAHAN
MATERI                     : Bahasa Indonesia
TOPIK                        : Diskusi, Pidato, dan Ceramah
HARI, TANGGAL    : Kamis,17 November 2016          Jam: ke-5               Ruang: U.17
PEMATERI                : Kelompok 08
A.    Ringkasan Materi (SUMMARY)
1.      Diskusi
Merupakan kegiatan bertukar pikiran yang dilakukan oleh pemateri, dengan narasumber untuk mendiskusikan topik yang merupakan minat bersama, tiap anggotanya menyampaikan argumennya baik tersurat maupun tersirat baik tentang masalah maupun topik.
a.       Tujuan Diskusi
Menurut Sahara dalam Ahmad (2015 : 93) ialah untuk menyampaikan atau menginformasikan tentang sesuatu objek kepada kelompok tertentu.
b.      Hal  hal yang diperhatikan dalam Diskusi
1.      Mempelajari masalah / topik secara mendalam.
2.      Berusaha bertindak seobjektif mungkin.
3.      Bertemu dengan para ahli untuk memperoleh penjelasan tentang tugasnya.
4.       Mendengarkan dengan baik pertanyaan atau pendapat orang lain.
5.      Membahas pendapat, pertimbangan, dan menyusun keputusan serta alasan atau pendapatnya.
2.      Pidato
Pidato adalah penyampaian informasi secara resmi yang disampaikan oleh seorang ahli atau pemimpin kepada masyarakat luas, untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat.
3.      Ceramah
Ceramah adalah keterampilan berbicara dihadapan khalayak mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Ceramah ditujukan untuk mengarahkan pendengar agar bersungguh-sungguh dalam memahami masalah yang disampaikan.

B.     Isu Yang Berkembang Dalam Diskusi / Daftar Pertanyaan
a)      Daftar Pertanyaan
1.      Jelaskan kata memilih dan menentukan topik atau makalah yang menarik bagi orang banyak! (Agung Wibowo)
2.      Apakah perbedaan pidato dan diskusi juga mengikuti perkembangan zaman, dan apakah ceramah juga mengikuti seperti pidato dan diskusi? (Firdaus)
3.      Bagaimana penggunaan Pertama  tama dalam ceramahnya apip, dan tak lupa menurut kelompok kalian? (Didin Safrudin)
4.      Apakah yang kalian ketahui tentang diskusi simposium dan bagaimana cara pengaplikasiannya? (Andri Sanjaya)

b)      Jawaban
1.      Maksud dari kata  kata tersebut, yaitu dengan adanya menentukan serta memilih topik mana saja yang menarik yang akan dijadikan dalam makalah.  
2.      Maksud dari makalah tersebut menjadi sumber data yang ke dua setelah narsumber atau sumber data primer, karena jika ada narasumber tetapi tidak ada makalah yang dipaparkan percuma saja, dan hal itu hanya menjadi tidak menarik diskusinya.
3.      Untuk pidato dan diskusi akan mengikuti perubahan atau perkembangan zaman dari segi aturan dan yang lainnya, tetapi kalau ceramah, tidak mengikuti perkembangan zaman atau tetap seperti itu saja dari zaman ke zaman.
4.      Diskusi Simposium merupakan diskusi pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para peserta atau pengunjung yang datang.
Untuk pelaksanaan Simposium terdiri atas beberapa pembicara yaitu: pembicara (pembahas uatama) dan penyanggah (pembicara pembanding) yang dipimpin oleh moderator. Dalam simposium para pendengar akan diberi kesemptan untuk bertanya yang berkaitan dengan topik pembahasan. Namun dalam Simposium, acara akan terlihat kurang spontan karena didalam kegiatan ini pembahas dan penyanggah telah ditentukan sebelumnya.  

C.     Second / Other Opinion (Pendapat dari Orang lain / Sumber Lain)
1)      Menurut Sahara dalam Ahmad (2015: 10)
Pidato adalah berbicara di depan umum secara menyengaja dengan tujuan-tujuan tertentu.
2)      Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
a.         Pidato merupakan naskah yang mengungkapkan pikiran daam bentuk kata - kata yang memberikan penjelasan kepada orang banyak atau disiapkan untuk diucapkan didepan umum.
b.        Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara audiens yang bertindak sebagai pendengar.

D.    Refleksi
1.      Pendapat/penilaian/komentar
Dari penilaian saya setelah memperhatikan penjelasan yang ada, dapat saya berikan penilaian bahwa pidato adalah cara penyampaian informasi secara resmi yang disampaikan oleh seorang ahli atau pemimpin kepada masyarakat luas, untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat, sehingga pidato bersifat kedinasan sedangkan ceramah cenderung bersifat keagamaan. Menurut saya, contoh pidato yang sudah ditampilkan sudah bagus dan juga pemaparan materinya, sehingga audiens dapat mengetahui bagaiman cara berpidato yang baik. Hal ini baik juga karena dosen pembimbing juga memberikan penampilan cara ceramah yang baik.
2.      Pengetahuan/pengalaman baru/hal penting yang diperoleh
a.       Dapat mengetahui perbedaan pidato dan ceramah.
b.      Mengetahui tujuan dari diskusi.

Komentar

  1. demi kelalan caran diskusi pidato cerahma dan pidato ini saya himbau untuk lebih mengembangkan lagi ceritanya sesuai dengan polah pikirnya yg baik

    BalasHapus
  2. Terimakasih, sangat membantu untuk membuat materi pidato bahasa arab singkat dan artinya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Hubbana Kholis (Cinta Sejati versi Arab)

Contoh kata pengantar